Terima Beli Komputer Rusak & Aset Kantor Lainnya
Komputer-komputer rusak, seperti: monitor, motherboard, processor, power supply, harddisk, dan lain sebagainya, kami terima beli dengan harga yang menarik dan kompetitif.
Lanjuuuut.....

Home » » Membuat Kabel Data HP Esia Huawei c2601 / c2801

Membuat Kabel Data HP Esia Huawei c2601 / c2801

Bermula dari saya mulai bosan dengan wallpaper HP Esia saya ini. Ingin rasanya foto saya bisa ditampilkan pada background layar HP. Bahkan mungkin meng unlock nya, agar bisa juga digunakan untuk flexi, starone, fren, hepi, bukan hanya esia. Mulailah saya mencari informasi dan data mengenai HP Esia milik saya ini. Dari data-data tsb, kesimpulannya bahwa HP Esia Huawei c2801, kabel datanya tidak tersedia di pasaran, tapi bisa dibuat dengan Kabel Data DKU5 (Nokia) dikombinasikan Kabel Data Mini USB (MP3 Player). Ada juga dengan Konektor RJ45 (Konektor Kabel LAN).

Dari data-data tsb, mulai bereksperimen. Hampir lebih 1 minggu, kabel data HP esia ini tidak jadi-jadi. Mengapa? karena tutorial-tutorial tsb berpatokan pada urutan warna kabel. Padahal kabel-kabel tsb urutan warna kabelnya sudah tidak lagi standar. Bahkan untuk kabel yang sama baik tipe dan merk nya, setelah saya kupas, urutan warna nya berbeda.. Pusiiing..... Ditambah lagi ada tambahan konektor RJ45, tambah pusing lagi deh....

Tapi, tidak ada perjuangan, yang tidak menghasilkan kesuksesan. Akhirnya saya berhasil membuat Kabel Data HP Esia Huawei c2801 milik saya ini. Selain saya bisa memasukkan foto saya ke dalam nya, saya juga berhasil meng unlock nya, sehingga HP Esia saya ini bisa memakai kartu flexi, starone, fren, hepi, juga esia. Kalau Smart tidak bisa karena operator yang satu ini berbeda frekuensinya, yaitu di 1900 MHZ, sedangkan HP Esia Huawei ini bekerja pada frekuensi 800 MHZ.

Dalam pembuatan kabel data Huawei ini saya tidak menggunakan konektor RJ45. Bahan yang diperlukan hanya 2 kabel, yaitu:
  1. Kabel Data DKU5 Nokia yang 13 pin (bukan yang 6 pin), berisi 5 kabel, dan
  2. Kabel Data Mini USB MP3 Player berisi 4 kabel

Langkah-langkahnya:
  1. Potong kabel DKU5, pin 1 adalah pin konektor yang ke port HP Nokia dekat lubang charger HP. Tentukan dan tandai warna-warna kabel pada pin 2, 3, 5, 6, dan 7. Gunakan Avometer untuk mengurut posisi warna kabel pada pin-pin tsb. Semuanya ada 13 pin, bukan 14 pin. Yang akan kita pakai potongan kabel DKU5 yang ke port USB CPU.
  2. Potong Kabel Data Mini USB. Tentukan dan tandai warna-warna kabel pada pin 1,2, 3, 4/5

Dari hasil pengurutan kabel data DKU5 didapatkan:

Pin 2 = kabel warna hijau, tidak dipakai
Pin 3 = kabel warna merah
Pin 5 = kabel warna pink / orange
Pin 6 = kabel warna biru
Pin 7 = kabel warna putih

(sekali lagi hanya ada 13 pin, bukan 14). 14 pin tsb adalah jumlah pin yang terdapat pada port HP Nokia, bukan jumlah pin / jarum pada ujung konektor data DKU5.







Photobucket

Pin Nokia


Sedangkan hasil pengurutan kabel data mini usb MP3 Player didapatkan:

No 1 = kabel warna merah
No 2 = kabel warna hijau
No 3 = kabel warna kuning
No 4 / 5 = kabel warna biru






Photobucket


Sambung No 1 (merah) dengan pin 3 (merah)
Sambung No 2 (hijau) dengan pin 6 (biru)
Sambung No 3 (kuning) dengan pin 5 (pink)
Sambung No 4/5 (biru) dengan pin 7 (putih)






Pin USB1


Pin USB2


Perhatikan penomorannya baik pada kabel data mini usb mau pun pada kabel data DKU5. Karena bisa saja kabel data yang Anda gunakan posisi penomoran warna kabelnya berbeda.

Sambung yang rapi dan tutup dengan solatif, agar aman dan tidak konslet.

  • Tancapkan Kabel Data HP Esia buatan ini ke CPU
  • Masukkan driver Kabel Data DKU5
  • Install program Easy CDMA, download di sini

Download QPST_v2.7_Build_301.rar

Secret Code Huawei :

C2601 :
##1236545874
##7412586792
##147852
##23895490582849521668
##258741
*#06#
##2147683785
##3258967389

C2605 :
##1236545874
##7412586793
##3214566871
##147852
##23895490582849521668
##258741
*#06#
##2147683785
##3258967389
(SPC:399246)

C2606e :
##1236545874
##7412586793
##3214566871
##147852
##23895490582849521668
##258741
*#06#
##2147683785
##3258967389
(SPC:307010)

C2801 :
##8746846549
##1168453865
##5674165485
##147852
##8541221619
##258741
*#06#
##3515645631
##1857448368

C2802 :
##20080808
##20202020
##20090909
##147852
##20303030
##258741
*#06#
##20101010
##1857448368

C2807 :
##280701
##280703
##280702
##147852
##280704
##258741
*#06#
##236985
##369852
*#00102448#*


43 komentar :

  1. mas aku minta gambar pembuatan nya doonkkkk.........!!!!!!!!!!!1

    thank's

    BalasHapus
  2. mas misalnya saya pake driver nyaesia asli tanpa ganti kabel & dan hanya memakai kabel data biasa gmn???

    BalasHapus
  3. kabel datax esia yang original yang nggak pake buat sendiri ada nggak??? klo ada belinya dimana ya???

    BalasHapus
  4. Untuk gbr pembuatannya, sabar ya.. soalnya saya masih bingung menata gbr di blog. Sering jadi berantakan layoutnya.
    Dengan kabel data biasa plus driver my esia, saya belum mencoba. Berdasarkan info Tabloid Pulsa edisi bbrp minggu yang lalu, kabel data esia tidak tersedia (harus dibuat)..begitu mas...
    Maaf kalau salah jawabannya.. tapi yang saya tahu begitu.. Trims

    BalasHapus
  5. mas tolong kirimin gambarnya ke hilman_abdurrohman@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Salam Kenal Mas Hilman, aduh maaf nih gambarnya belum bisa saya kirim, soalnya saya tidak punya kamera (HP / digital) yang bagus hasil jepretannya. Gambar sudah saya coba ambil, tapi tidak bagus / jelas hasilnya. Maaf ya.. Mungkin lain waktu akan saya usahakan lagi..

    BalasHapus
  7. boleh itu,, ak mau coba tuh....kalau dlm penyambungan kebalik...gmana mas.bisa kebakar ngk...soalnya hpku ini satu-satu warisan nenek lagi(almarhum)...

    BalasHapus
  8. Hp esia saya aman-aman aja. Padahal ketika percobaan, berkali-kali terbalik sampai akhirnya menemukan skema jalur kabel yang benar...

    BalasHapus
  9. mas gimana kalo cara membuat kabel data tipe esia huawei c2802,,,,apakah kabel data punya mas bikin bisa dipake ke c2802 gk?kalo ada cara pembuatan buat c2802 kirimin k alamat email saya y mas plizzz......btuh bnget mas.....ni alamat email'y..
    sam.sttg@gmail.com

    BalasHapus
  10. mhn infonya mas..dgn kbl tsb hpnya bisa dijadiin modem gak ya? klo bsa pake driver modemnya apa ya? mksh

    BalasHapus
  11. @jajaka killer:
    Saya sudah beberapa kali mencoba kabel data tsb ke beberapa tipe HP esia huawei, dan bisa.. tidak masalah.
    @ar4dhea:
    Berdasarkan info yang saya terima, HP Esia Huawei aslinya di negeri pabriknya, memang built in modem. Tetapi untuk menekan biaya agar HP tsb murah kontrak dengan esia, modemnya ditiadakan..

    BalasHapus
  12. saya mau tnanya nie cara menggunakan kode'' esia tu untuk apa aja ....mohon penjelasan nya.dong barang kli ada yg tau....??

    BalasHapus
  13. mas, ko port nya gk ke detect sama easy cdma nya?

    BalasHapus
  14. bos saya punya huawei c6201 tp phone code gmnana cara ngebukanya? tlng yaa...

    BalasHapus
  15. saya udah bikin kabelnya, tp software udah di instlal.. tp gak conect.. saya coba pake easy cdma bisa connect, tp ga bisa copy paste.. gmn nih mas.. mohon batuannya..

    BalasHapus
  16. mas saya punya hp huawei c2801
    tapi ga bisa digunain bat nelepon ada bisa sms tapi lama banged kenapa ea mas ??
    saya mohon bantu+anya
    siapa aja yang tau tolong kasih tau caranya !!
    makasih sebelumnya ...

    BalasHapus
  17. Buat anonim,kalau mau cepet gampang,....
    dan coba lihat signalnya,.bagus apa ga,terus,..
    Kasih Lem Biru aja,...karena HP kamu sudah ketinggalan zaman,..

    BalasHapus
  18. mas di DKU 5 saya ga ada warna merah adanya warna hitam..
    itu kira2 gimana mas..?
    makasih banyak y...

    BalasHapus
  19. mas koq ga bisa ke baca y..
    di hardware device nya masih warna kuning..
    kira2 itu gimana y...?
    mohon penjelasannya y...!

    BalasHapus
  20. assalam...
    mas sy mw brtanya
    "knp klo sy paste easy cdma'y langsung hilang/software'y nutup jd data gk bisa di pindah ke hp??"
    mohon penjelasan'y.
    trim's.

    nb:tolong blsan'y ke
    puahalghazaali@gmail.com

    BalasHapus
  21. mmas tolong jelasin lebih detail lg??
    seperti PIN yg dimaksud...

    BalasHapus
  22. Bagaimana kalau menggunakan kabel data CA-42? Bagaimana mengoneksikannya dgn kabel mini USB, punya sy warna kabelnya coklat, biru, kuning dan merah.

    BalasHapus
  23. Bagaimana ya.. beberapa hari ini saya masih banyak yang dikerjakan. Tapi Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan, saya bisa lebih memperjelas pembuatan kabel data HP Esia. Mohon Maaf ya.. Trims

    BalasHapus
  24. Mas saya ada punya kabel data USB yang cocok dengan hp Huawei C2801. Akan tetapi ketika saya colokkan ke CPU, muncul pesan error pada CPU yang mengatakan jika USB tdk dikenal. Jadi kabel tersebut hanya bisa untuk men-cas hp esia saja. Kira - kira dimana letak salahnya ya mas. Mohon pencerahannya. Matur nuwon Mas.

    BalasHapus
  25. Memang kabel tsb tidak bisa digunakan untuk mendeteksi Hp esia.

    BalasHapus
  26. perlu driver atau softwere pc suit nya ga gan????

    BalasHapus
  27. Hanya perlu driver kabel DKU5 nya, tidak perlu driver lain atau pc shuite. Kalau tidak salah, pc shuite buat HP Nokia, bukan buat HP Esia.

    BalasHapus
  28. melanjutkan Masalah Yg beberapa hari lalu tentang:
    "klo sy ingin memindah file dri Pc Ke HP kan hrus copy-paste,,
    tp msalah'y klo pas di paste sofwear'y(easy CDMA)hilang /menutup otomatis..
    jd sy gk bs memindah file ke hp krn slalu begitu setiap mw dipindah/di paste dan klo ingin melihat ABOUT(?) pun sama,hilang juga/tidak bs.
    apakah sudah cukup jelas??"
    pertanya'an'y adalah, knp ya bs bgitu???

    trim's sbelum'y.

    BalasHapus
  29. Jika segala sesuatunya sudah benar: Pembuatan Kabel Data, Instalasi Driver DKU5, dan Instalasi Software Easy CDMA nya, seharusnya tidak ada masalah.
    Katakanlah Pembuatan Kabel Data dan Instalasi Driver DKU5 nya sudah benar,
    Jalankan Easy CDMA nya, tes pada kondisi tidak terpasang kabel data dan tidak terpasang HP esia ke CPU, apakah Easy CDMA tsb tetap akan meng close?
    Jika iya, maka kemungkinan terbesar Sistem Windowsnya sudah terinfeksi virus yang kemudian menginfeksi Easy CDMA nya.

    Mungkin itu kira2 jawaban yg bisa sy berikan. Kurang lebihnya mohon maaf.

    BalasHapus
  30. mas aku punya nokia 3585i CDMA,apa bisa di upgrade ke ruim? soalnya ada pasilitas slot-nya,kalau bisa tolong dong kasih firmware nya

    BalasHapus
  31. Saya belum tahu, saya belum mencoba. Kalau memang bisa dan ada infonya, saya akan share..

    BalasHapus
  32. mas, huawei c2801 sy error hingga keluar tampilan minta SID number, dulu pernah di unlock pake hp cdma nokia dgn tutorial dari kaskus, skr hp nokia nya ud ga ada. Apa ada cara lain?
    Mohon bantuannya..

    Salam

    Dieda
    0811226495
    diedabmw@yahoo.com

    BalasHapus
  33. Coba di flash (software) ulang, tapi tidak dengan HP Nokia CDMA tsb. Koneksikan Huawei tsb ke komputer dengan menggunakan kabel data esia buatan. Lalu gunakan software unlocknya dengan hati-hati dan teliti... trims

    BalasHapus
  34. Mas tolong dong kirimin caranya unlock huawei c2801 soalnya aku pengen banget nih di unlock kirim ke e mail aku ya please herry_fadri@yahoo.co.id

    BalasHapus
  35. mas gmn caranya hp esia buat modem
    q cari drivernya kabel datanya kok sulit

    BalasHapus
  36. kalau kabel data DKU5 nya diganti KABEL DATA MOTOROLA V3 bisa gk
    tolong kirim ke alamat sya
    bayuhariseftiawan@yahoo.co.id
    trim..

    BalasHapus
  37. gan knapa kalau yg pin 6 kok ga bisa, kenapa harus yg 13 pin,,,,
    mohon pnjelasannya,,,,
    trims

    BalasHapus
  38. mas, untuk kabel apa harus bikin sendiri? apa ga bisa pake kabel data mp3, kan sama tuh..

    BalasHapus
  39. Mas boleh pesen kabelnya ga yg udah jadi??
    klo boleh, Harganya brp??
    Soalnya saya bikin sendiri koq gagal mulu ya...
    ada tulisan USB not recognizance...

    BalasHapus
  40. @riena
    Kenapa pakai yang 13 pin, bukan yang 6 pin? heemm sebenarnya saya sudah lupa kenapa, karena kabelnya sudah hilang terbuang. Tapi.. kalau tidak salah ingat, ada jalur pin yang diperlukan tidak ada di kabel yang 6 pin.
    Mohon maaf ya kalau jawabannya kurang tepat atau tidak memuaskan...

    @edo
    Pakai kabel Mp3 memang bisa, tapi untuk nge chash aja, tidak bisa buat data. Di windows akan tampil USB not recognized...

    @lee
    Mau pesan, bisa aja. Kalau lokasi dekat. Datang aja langsung ke Mutiara Computer. Jl. Merdeka Raya No. 91 Depok 2 Tengah.
    Atau telp aja dulu ke 021-93341884.
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Depok 2 tengah,klo dari jln baru/juanda,gas alam kearah mana ? Aku dari arah jln.raya bogor(cisalak). Aku tinggal dihalim.
      Trims

      Hapus
  41. gan bagi info.na kabel data utk SE S302 pin2 mana aj yg dipake dan jalur kabel ke soket USB

    Mohon bantuannya.terimakasih

    BalasHapus

Daftar Artikel