Terima Beli Komputer Rusak & Aset Kantor Lainnya
Komputer-komputer rusak, seperti: monitor, motherboard, processor, power supply, harddisk, dan lain sebagainya, kami terima beli dengan harga yang menarik dan kompetitif.
Lanjuuuut.....

Home » » Membuat File Image Ghost Windows Xp

Membuat File Image Ghost Windows Xp

Tidak seperti pada Windows Me, 98, atau 95, Windows Xp yang kita install di sebuah harddisk, tidak bisa begitu saja dapat dipakai di lain motherboard yang berbeda. Layar akan blue screen, atau sistem tidak loading sama sekali. Dengan cara sederhana, sebuah harddisk Windows Xp dapat dipakai pada motherboard yang berbeda, bahkan kita dapat membuat file imagenya dengan menggunakan Norton Ghost. Yang pada akhirnya, file image tsb dapat kita pakai, untuk nge-ghost hardisk-hardisk lain pada sebuah PC atau laptop.

Yang penting motherboard yang kita gunakan untuk membuat file ghost tsb sudah mendukung ACPI. Kita bisa lihat pada bios motherboard. Jika ACPI nya disable, kita harus meng-enable kannya dulu sebelum pekerjaan ini dimulai.

  • Enable kan ACPI pada bios.
  • Instal Windows Xp beserta program-program lain selengkap mungkin dan sesuai kebutuhan.
  • Driver tidak apa-apa diinstal juga.
  • Buatlah sebagus mungkin Windows Xp nya dan kestabilannya.
  • Jangan lupa didefrag untuk lebih merapikan susunan file dalam harddisk.
  • Klik Kanan Icon My Computer pada desktop
  • Klik Properties, hardware, device manager
  • Pada Tab Computer, update driver secara manual, dan ubahlah menjadi Advanced Configuration Power Interface (ACPI) PC.
  • Pada Tab IDE ATA/ATAPI Controller, Update driver secara manual, dan ubahlah menjadi standar semuanya (ke-3 nya)
  • Standard Dual Channel PCI IDE Controller
  • Standard IDE/ESDI Hard Disk Controller
  • Standard IDE/ESDI Hard Disk Controller
  • Restart your computer. Setelah masuk ke windows lagi, rapikan kembali Windows Xp nya. Kemudian Shutdown. Pada posisi seperti ini, harddisk tsb dapat dipakai di semua motherboard yang ber ACPI.


MEMBUAT FILE IMAGE (GHO) NORTON GHOST.

  • Disarankan menggunakan Norton Ghost 2007. Hal ini dimaksudkan agar file image yang kita buat, dapat digunakan untuk nge-ghost HDD SATA dan nge-ghost via USB
  • Jika HDD SATA yang dighost tsb untuk Laptop, maka disable Fiture SATA (dan / atau yang berkaitan) pada bios laptop tsb. Jika tidak di disable kan, Windows Xp akan berulang kali restart (gagal masuk windows)
  • File image yang kita buat ini, tidak support pada mainboard yang tidak ber ACPI
  • Kita dapat menggunakan Norton Ghost 2007 pada BootCD Hiren’s. Baik untuk membuat file image nya (gho) maupun untuk nge-ghost hdd lain.
  • Untuk dapat menggunakan Norton Ghost, itu mudah saja. Ikuti saja langkah-langkah yang ada.
  • File image ini sudah saya test pada motherboard rakitan dan build up, processor intel dan AMD, pada PC maupun laptop.
  • Jika kita ingin membuat file image (gho) yang dapat bekerja pada mainboard yang tidak ber ACPI, maka kita harus meng disable kan semua komponen (LPT, USB, Sound, Dll), kecuali IDE, VGA, Keyboard dan mouse. Disable ini kita lakukan sebelum kita memulai pekerjaan instalasi Windows Xp.
  • Pada Device Manager, Tab Computer, harus tersetting Standard PC
  • Pada Tab IDE ATA/ATAPI Controller, sama seperti yang di atas.
  • Dan lakukan Scan for hardware changes. Untuk memasukkan driver NT power management nya. Agar windows dapat power off pada saat shutdown. Jika ini tidak dilakukan , maka pada saat shutdown, maka CPU tidak power off.

Ok Gitu aja, selamat praktek dan sukses.

Artikel dalam bentuk PDF dapat didownload di sini

42 komentar :

  1. sebelumnya..thankz banget atas info yang diberikan!!! terus terang sangat membantu saya dalam pekerjaan sehari2 saya karena saya selaku teknisi comp,yah....taulah gimna kalo lagi installasi sebuah pc ato laptop dimana kita membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk full software.cuman ada sedikit permasalahan yang ingin saya tanyakan. apakah semua software yang kita installkan dan kita buat image isa 100% dijalankan pada pc ato laptop yg lain? pengalaman saya sendiri membuat ghost dengan norton adalah dimana software2 tertentu contohnya:autocad 2009 & coreldraw tidak bisa jln (error karena tidak menemukan data pada registryny) dengan normal.apakah memang seperti itu ato harus ada settingan lain. mohon pencerahannya.... dan jika berkenan tolong pencerahannya di send ke email saya saja hartonogim@gmail.com
    thankzz

    Hartono
    medan

    BalasHapus
  2. Selama ini sih sy tdk pernah menemui kendala seperti itu. Normal-normal aja. Tdk ada setingan khusus. Saya sangat mengandalkan TuneUp Utilities untuk merapikan dan mengoptimalkan sistem windows sebelum dibuat file imagenya. Memang tdk semua mainboard, tapi setidak2nya 95% mainboard yg ada bisa dipakai dengan cara ghost. Klwpun ternyata tdk jalan pd sebuah mainboard, ya.. saya tinggal repair aja. Bagi saya tetap ada penghematan waktu dan tenaga sekitar 50 - 75%..

    BalasHapus
  3. bisa minta file image ghost xpnya?tanpa program. makasih.

    BalasHapus
  4. bos tanya gmn merubah ide ata controler agar jd standart dual chanel...sbb aq dah download banyak untuk meng update ny,tp gak bs...tetep aja primari ide...gt...
    apa hrs tipe mainboard khusus????
    tlg bls di emailq...
    safe_mild@yahoo.com

    BalasHapus
  5. Untuk merubah komponen IDE ATA/ATAPI Controllers menjadi Standard semuanya, tidak perlu download kok, Windows Xp sudah menyertakan drivers di dalamnya, tidak perlu memasukkan driver dari luar.
    1. Klik Kanan, misalnya pada Primary IDE Channel
    2. Klik Update Driver
    3. Pilih dan Klik, Install from a list... (Advanced)
    4. Klik tombol Next
    5. Pilih dan Klik, Don't search. I will...
    6. Klik tombol Next
    7. Pada jendela "Hardware Update Wizard", Pilih dan Klik, Standard IDE/ESDI Harddisk Controller
    8. Next dan Next sampai Finish
    9. Lakukan yang sama untuk IDE ATA/ATAPI Controllers lainnya.
    10. OK... Semoga dapat membantu.

    BalasHapus
  6. bagus..juga artikelnya..jadi tau dikit setting acpi,biasanya gw klo bikin image..cocoknya cuma dipc tertentu aja..klo di restore ke notebook gak jalan..sangking pusingnya gw tanya sama ki google..ehhh ada ghost windows yg dah jadi buatan lehuei n compatibel sm semua pc /noetbook dan full driver pula ..gw pikir dari pada bikin kadang gagal sedikit berhasilnya..Gw Download aja tuh File mayan gede chuyy 700MB an ,jadi klo ente2x yg ngalami problem kaya gw..yg ilmu nya cetek..belajar juga dah puyeng 13 keliling n mo cepet Download aja dialamat ini,tinggal di join pake sopwer hjsplit..trus loe burn pake nero ato burning sopwer lainnya

    http://www.mediafire.com/?
    sharekey=7e54002eccb8a8de36df4e8dca14196930e368c6e21afd7f416b94653a3044fd

    BalasHapus
  7. http://www.mediafire.com/?
    sharekey=7e54002eccb8a8de36df4e8dca14196930e368c6e21afd7f416b94653a3044fd

    ni ghost tuk xp ato vista ? mhn pencerahannya !

    BalasHapus
  8. http://www.mediafire.com/?
    sharekey=7e54002eccb8a8de36df4e8dca14196930e368c6e21afd7f416b94653a3044fd

    ni ghost untuk win xp ato vista ? mhn kejelasannya gan !

    BalasHapus
  9. http://www.mediafire.com/?
    sharekey=7e54002eccb8a8de36df4e8dca14196930e368c6e21afd7f416b94653a3044fd


    bos jenis filenya "tib" cara ngerubah jadi "gho"
    gimana caranya mohon pencerahanya

    BalasHapus
  10. tib file adalah file image yang dibuat dengan Acronis True Image. Ekstrak saja file tib tsb ke sebuah hdd dengan menggunakan Acronis. Kemudian buat lagi file image gho dengan Norton Ghost. Saya belum tahu apakah ada program converter dari tib ke gho. kira-kira begitu. Mohon maaf jika salah.

    BalasHapus
  11. Boz mohon penceran nya klo Besar Hardis Misal Nya 160gb Udh di gost trz mau di instal ke komputer yg baru tapi hardisnya lebih kecil 80gb itu gmn ya??
    Tp C nya cuma yg di HD 160gb cuma saya partisi 60Gb aj..

    Tq Mohon pencerah nya boz..

    BalasHapus
  12. artikelnya mantab. jelas banget.

    BalasHapus
  13. Untuk Anonim harddisk masternya lebih besar atau lebih kecil tidak masalah, maupun harddisk tujuannya. Lebih besar atau lebih kecil juga tidak masalah.

    BalasHapus
  14. mannta gan ane download ya...

    BalasHapus
  15. saya coba copy file image/GHO'y dan paste ke kompi lain dgn spek sama tp kok ga bisa ya mas ??? saya sudah mengurangi aplikasi yg terpasang, agar nanti hasil backup'y ga terlalu besar tp waktu saya restore ke kompi lain selalu "retry" atau file image/GHO'y ga terbaca, padahal saya paste di partisi "D" yg kosong. kenapa ya mas ???

    BalasHapus
  16. @Mas Ari,
    Maksudnya copy paste file image gho nya itu bagaimana ya? Copy paste seperti biasa kita mencopy file atau folder, begitukah maksudnya? Kalau iya, bukanlah seperti itu caranya. File gho kita buat dengan menggunakan Aplikasi Norton Ghost, dan mengekstraknya ke hdd lain juga dengan menggunakan Aplikasi Norton Ghost.

    Jika ternyata memang memang menggunakan Norton Ghost, Kemungkinan HDD sumber dan / atau HDD yang menjadi tujuan terdapat Bad Sector. Coba cek dengan menggunakan Aplikasi Victoria, misalnya. Untuk memastikan HDD nya masih normal, bagus, dan sehat wal afiat.

    Begitulah kira-kira, kurang lebihnya mohon maaf.

    BalasHapus
  17. misi bro, ikut tanya...
    "Jika kita ingin membuat file image (gho) yang dapat bekerja pada mainboard yang tidak ber ACPI, maka kita harus meng disable kan semua komponen (LPT, USB, Sound, Dll), kecuali IDE, VGA, Keyboard dan mouse. Disable ini kita lakukan sebelum kita memulai pekerjaan instalasi Windows Xp."

    yang dimaksud dengan kata,"sebelum kita memulai pekerjaan instalasi windows" itu gimana? dalam proses pembuatan image ghost nya kah?
    lalu caranya gimana? (maaf, nubie banget)

    BalasHapus
  18. @ Aan,
    artinya, kita harus masuk ke setup bios dahulu. Hidupkan CPU, begitu tampil kita tekan tombol DEL, atau F1, atau F2 (tergantung motherboardnya) untuk masuk ke setup bios. Perhatikan teks "press .... to enter setup / bios". setelah itu disable kan komponen yg dimaksud. Save / simpan and Exit.

    Setelah itu, barulah kita meng instal windows xp ke hard disk. pembuatan image ghost (file gho) dilakukan setelah selesai proses instalasi windows xp dan aplikasi lainnya.

    Mohon Maaf jika jawabannya kurang memuaskan.
    Trims

    BalasHapus
  19. Terimakasih Sobat atas postingannya...salam kenal dari saya...

    BalasHapus
  20. Mas mw tx lw mw buat master ghost dlm satu hdd,tp kalu hdd dah jadi master ghost tu di bootingkan ntar jadinya c:(prompt).........tu bgaimana caranya ya??????

    BalasHapus
  21. ari ansari anak banua lima mengatakan...

    saya coba copy file image/GHO'y dan paste ke kompi lain dgn spek sama tp kok ga bisa ya mas ??? saya sudah mengurangi aplikasi yg terpasang, agar nanti hasil backup'y ga terlalu besar tp waktu saya restore ke kompi lain selalu "retry" atau file image/GHO'y ga terbaca, padahal saya paste di partisi "D" yg kosong. kenapa ya mas ???
    7 Oktober 2011 16:37
    IrpanM mengatakan...

    @Mas Ari,
    Maksudnya copy paste file image gho nya itu bagaimana ya? Copy paste seperti biasa kita mencopy file atau folder, begitukah maksudnya? Kalau iya, bukanlah seperti itu caranya. File gho kita buat dengan menggunakan Aplikasi Norton Ghost, dan mengekstraknya ke hdd lain juga dengan menggunakan Aplikasi Norton Ghost.

    Jika ternyata memang memang menggunakan Norton Ghost, Kemungkinan HDD sumber dan / atau HDD yang menjadi tujuan terdapat Bad Sector. Coba cek dengan menggunakan Aplikasi Victoria, misalnya. Untuk memastikan HDD nya masih normal, bagus, dan sehat wal afiat.

    Begitulah kira-kira, kurang lebihnya mohon maaf.
    TERIMAKASIH ATAS TANGGAPAN'Y...

    BOLEH SAYA JELASKAN KEMBALI PERTANYAAN SAYA,SAYA MEMBUAT FILE GHO DI KOMPI A KETIKA SAYA MAU MENJADIKAN KOMPI B (spek sama) SAMA DENGAN KOMPI A, SAYA JALANKAN NORTON GHOST DI KOMPI B KETIKA DI TANYAKAN FILE GHO UNTUK BISA DI KLONING DAN BERHUBUNG SAYA INGIN KOMPI B SAMA DENGAN KOMPI A MAKA SAYA COPY/PASTE DULU FILE GHO A KE KOMPI B. APA CARA SAYA ITU SALAH YA, OHYA HDD SAYA MASIH BAGUS APA JENIS FORMAT'Y YG SALAH KAYAK FAT ATO NTFS WAKTU AWAL FORMAT OS.

    BalasHapus
  22. Ane hanya saranin ente mampir aja ke http://fatal-muntadzor.blogspot.com/ disitu banyak sekali ilmu yang dapet kita pelajari, komplit banget dech.hehehehe....

    BalasHapus
  23. gan.. gmn ya klo di cloning ke laptop?
    suport gk ya??

    BalasHapus
  24. Untuk beberapa laptop terbaru pun saya tetap menggunakannya. banyak juga yg support.

    BalasHapus
  25. 1. itu kok file tib sudah download kemudian dijadikan satu file dan pas mau di coba kok filenya error ya?
    2. file yang sebelum di upload, file tsb error tidak sebelum di split?
    3. solusinya gmn?

    BalasHapus
  26. Maaf baru sempat menjawab pertanyaan Mas Ari.

    Sederhana begini aja deh. file gho tidak boleh berada di hdd atau di partisi tujuan.
    Jika HDD di kompi B di partisi 2 mis: C (primary aktif) dan D (Logical), maka gho nya letakkan di drive D (jangan di drive C).
    Jalankan norton ghost dari CD (mis Hirens bootcd).
    Pilih partisi from image.
    source : D, pilih file gho nya
    destination : C

    Semoga sukses...

    BalasHapus
  27. Super mantab boss artikelnya... Akan segera saya coba!! Thx your great article

    BalasHapus
  28. siap ,, makasih gan
    nanti di coba gan

    BalasHapus
  29. minta aplikasi norton ghost 2007 donk

    BalasHapus
  30. artikel mantap

    bisa minta aplikasi norton ghost 2007?

    BalasHapus
  31. Terimaksih Banyak.... moga bermanfaat ..

    BalasHapus
  32. gan.. file backup gost dr cpu mau di gost ke laptop sukses.. tapi kemudian minta repair.. trus bluescreen.. osnya seven gan.. mhn dibantu

    BalasHapus
  33. gan.. ane ngegost data PC ke a
    LAptop, osnya seven.. gost sukses tapi minta repair/bluescreen kira2 apa yang salah.. mhn dibantu.. tx

    BalasHapus
  34. bro minta installer norton ghost nya doooooonnngggg

    BalasHapus
  35. sekedar share, kl file host nya jd satu dgn hardisk yg mau direstore kebanyakan gak bisa. Jd file ghost hrs di hardisk lain(misal: hardisk O utk kompi yg mau direstore pd posisi primary master, dan hardisk 1 yg ada file ghost nya ada di primary slave atau sekondary slave). setelah proses restore ghost selesai dan reset kompi, matikan, dan cabut hardisk yg ada file ghostnya. sebab kl hardisk 1 tdik dicabut, window tdk bs login. ma'af kl salah mohon dikoreksi.

    BalasHapus
  36. apakah kita bisa menginstall os windows 7 dengan mengunakan usb sebagai perioritas booting?

    BalasHapus
  37. FILE GHOST BISA DI BURNING K CD OR DVD APA GA YACH?

    BalasHapus
  38. bos saya mw nghost amd athlon II dengan norton ghost 2003! apa saja yang harus di setting di bios nya bos gagal terus ni bos tolg bantuannya. Thz

    BalasHapus

Daftar Artikel